Langsung ke konten utama

Pokemon EV Guide

IMG Source : https://www.zerochan.net/1117697

Uuuuy!

Meap here,

kali ini aku akan berbagi salah satu mekanik tersembunyi di game Pokemon yaitu EV.
Langsung saja, apa sih itu EV?

Sebelum aku jelasin apa itu EV, aku tanya dulu. Kamu pernah kaga punya 2 pokemon yang sama dengan level yang sama, tapi kok statsnya beda? Atau kamu pernah lawan 2 pokemon jenis yang sama, levelnya sama, tapi kok kuatnya beda? Jawabannya adalah karena kedua pokemon itu berbeda dari Nature, IV, dan EV. Untuk kali ini, aku bakal bahas apa itu yang namanya EV.

EV itu singkatan dari Effort Value (Nilai Usaha) yang bakalan didapet oleh pokemon ketika pokemon tersebut ngalahin pokemon lain. Apa sih sebenernya kegunaan EV? Singkatnya gini, bayangin aja ada suatu toko permen. Toko permen itu jual 6 jenis permen yang beda warna bungkusnya, tapi kalo mau beli suatu jenis permen itu harus pake koin yang warnanya sama. Harga 1 bungkus permen itu 4 koin yang warnanya sama. Nah EV kurang lebih kaya gitu.

Jadi, permen yang diibaratkan diatas adalah stats dari suatu pokemon yang berupa 6 jenis yaitu HP, Attack, Defense, Special Attack, Special Defense, Speed. Sedangkan koinnya adalah EV yang juga terbagi menjadi 6 jenis dengan kategori yang sama (seperti stats). Setiap pokemonmu mendapat 4 EV dengan jenis yang sama, statsnya akan bertambah 1 poin. Misal kalo pokemonmu ngalahin 4 Poochyena, pokemonmu bakal dapet 4 attack EV yang hasilnya akan nambahin stats attack pokemonmu sebanyak 1 poin saat level up. Efeknya bakalan kelihatan pas pokemonmu udah level 100.

Dibawah bakalan aku contohin efeknya di gameplay itu kayak gimana.

Disini, aku akan demonstrasi pake game Pokemon Emerald di emulator VBALink.
Bisa dilihat gambar di bawah. Aku pake Battle Tower Glitch buat menduplikasi Spheal yang baru netes dari telur. Jadi aku punya 2 Spheal identik dengan nature dan IV yang sama, dan EV dari 2 Spheal tadi masih 0 di setiap stat karena baru netes.


Setelah itu, Spheal yang satu aku level up sampe lvl 100 pake rare candy dan yang satu sampe level 100 dengan cara battle sama pokemon lain. Kita liat bedanya di bawah.

Hasil dari battle
Hasil Rare Candy

See? 2 Pokemon jenisnya sama dan levelnya sama tapi stats beda. Inilah efek secara langsung dari EV. Nah sekarang kita dah tau nih apa itu EV dan biasanya muncul pertanyaan gini, "Berarti makin banyak EV yang kita kumpulin sebelum level 100, makin kuat pokemonku ya? Misal aku dapet EV 1000 lebih nanti pas level 100 stat pokemonku bakal nambah sebanyak 250 poin lebih ya kak?". Jawabannya tergantung generasi pokemon yang kamu mainin. Karena setiap generasi punya mekanik EV yang beda-beda, tapi mulai generasi 3 sampai generasi paling baru pakenya ini. Pas banget, selanjutnya aku bakal jelasin mekaniknya setiap generasi.

Generasi pertama dan kedua, yaitu pokemon Red, Bule, Yellow dan Pokemon Gold, Silver, Crystal. Di generasi satu dan dua, mekaniknya agak beda dengan yang modern. EV tetep didapet dari ngalahin pokemon lain, cuman EV yang didapet tergantung dari base stat dari pokemon lain. Misal, di pokemon Yellow aku pake Pikachu yang baru nangkep (jadi EVnya 0 di tiap stat). Terus aku ngalahin semisal Rattata yang base stat HP, ATT, DEF, SPATT, SPDEF, dan SPEnya itu 30, 56, 35, 25, 35, dan 72. Berarti setelah ngalahin Rattata, Pikachuku dapet EV HP sebanyak 30, EV Attack sebanyak 56, EV Defense sebanyak 35, dan seterusnya. Saat Pikachuku level up, maka stats yang nambah akan ketambahan lagi dari EV yang didapet dari level sebelumnya.  Rumusnya akar dari EV yang didapat terus dibagi 4. Misal tadi kan Pikachuku dapet 25 EV, pas level up jadinya bakal dapet tambahan stat lagi sebanyak akar 25 yaitu 5 dibagi 4 yang hasilnya 1.2 poin tambahan. Di pokemon generasi 1 dan 2, jika statnya masih kurang dari 255 maka stat tambahan dari EV dibulatkan ke atas. Artinya Pikachuku yang harusnya dapet 1.25 poin tambahan jadi dapet 2 poin tambahan stats. Enaknya lagi, setiap stats punya batas maksimal 65535, jadi kamu bisa battle sampe EVmu 65535 di setiap stats sebelum level 100. Pusing? Kalo iya, bersyukurlah soalnya mekanik ini dah kaga dipake di pokemon generasi 3 ke atas.

Generasi 3 keatas, mulai Pokemon Ruby, Sapphire, dan Emerald sampai pokemon Ultra Sun dan Ultra Moon (kalo tahun 2018 baru sampe segitu, ga tau kalo sekarang). Mekaniknya kurang lebih
sama kaya perumpamaan permen sama koin tadi. Cuma, EV yang didapet dari pokemon yang dikalahin udah ga berdasarkan base stats. Sekarang EV yang didapat tergantung dari jenis pokemonnya. Kalo mau liat berapa EV yang didapat kalo ngalahin suatu jenis pokemon bisa dicek disini, gan. Seperti contoh sebelumnya, misal aku punya Pikachu yang baru netes dan Pikachuku ngalahin 4 Zigzagoon. Nanti Pikachu aku dapet 4 Speed EV karena kalo ngalahin Zigzagoon bakal dapat 1 Speed EV. Terus saat Pikachuku level up, speed dari Pikachuku yang bertambah karena level up akan ditambah lagi dari tambahan speed dari EV yang kekumpul di level sebelumnya. Rumusnya EV/4. Misalkan pas lvl 4 Pikachuku udah ngumpulin 16 EV Speed di level itu terus level up, nanti saat level 5 speednya yang didapat dari EV itu ada 4 karena 16/4 itu 4. Karena EV di generasi 3 keatas dapetnya bareng sama EXP, pokemon yang setelah battle ga nambahin EXP (misal Battle Frontier) juga ga akan nambahin EV. Sayangnya di generasi 3 keatas EV dari pokemon yang dilatih udah dibatasi yaitu 510 poin. Jadi kalo EV total dari setiap stat udah 510 ga bakal bisa nambah EV lagi. Berarti kalo misal kita cuman naikin attack doang sampe 510 bisa dong? Gak, karena setiap stat juga dibatesin 255 poin, kalo satu stat udah 255 maka ga bisa nambah EV lagi di stat itu. Berarti kita cuman bisa maksimalin 2 stats doang. Misal 255 Atk & 255 defense, tapi juga yang dipake cuman 252 (karena 255/4 = 63.75 dan dibulatkannya ke bawah, jadi cuman 63 stat tambahan). Jadi direkomendasikan 6 EV (6/4 = 1.5 dibulatkan jadi 1 poin stat) dialokasikan ke stat lain. Misal 252 Att, 252 Spe, 6 Def.

Kalau tertarik untuk melatih EV pokemonmu, disini juga ada guide untuk EV training di Pokemon Generasi 3.

Untuk Mekanik EV kurang lebih gitu gan, kalo ada pertanyaan silahkan tulis aja di comment. Kalau kamu suka guide ini, jagan lupa dishare ya~

Thank you!

Sumber :
https://bulbapedia.bulbagarden.net/wiki/Effort_values
https://pokemondb.net/ev

Komentar

  1. Bang nanya, kalau misalkan pokemon kita udah Level 100, terus EV nya juga sudah full semua, nah jika EV nya kita turunkan menggunakan beberapa berry lalu kita train lagi EV nya, apakah hal ini akan mempengaruhi stat?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pokemon Natures Guide

IMG Source :  https://www.zerochan.net/1117697 Hai! Meap here, Di dunia hingga generasi sekarang udah ada 700 lebih jenis pokemon, dan setiap jenis punya populasi masing masing. Layaknya manusia, setiap pokemon berbeda dari satu dengan yang lain. Layaknya manusia, pokemon punya hal yang disukai sama ga disukai. Ada yang suka manis, ada yang sukanya asem, ada yang sukanya pahit juga. Cara pokemon untuk hidup juga berbeda-beda pula. Kenapa mereka bisa begitu? Layaknya manusia, pokemon juga memiliki sifat masing-masing. Yup, kali ini yang akan kita bahas disini itu Natures atau sifat dari pokemon. Apa itu nature? Singkatnya nature adalah kategori untuk menentukan sifat pokemon. Di pokemon game, nature mempengaruhi beberapa hal dari suatu pokemon. Berikut hal-hal yang dipengaruhi oleh nature: Stats : Menambah 10% dari total suatu stats dan mengurangi 10% dari total suatu stats lain. Rasa kesukaan (Pokeblock, Poffin, dll), untuk keperluan pokemon contest. Hingga sekarang ad

Emerald Breeding Guide

Haaaarorororororororo! Meap here, Hari ini aku mau berbagi info mengenai metode supaya mendapat Pokemon dengan keunggulan Stats yang diinginkan, yaitu dengan cara Breeding. Breeding memungkinkan kita untuk dapat Nature, Ability, dan IV yang kita inginkan karena banyak mekanik breeding yang bisa kita eksploitasi. Langsung saja aku demonstrasikan caranya. Hal-hal yang dibutuhkan : Everstone, bisa didapat di Granite Cave (dekat Dewford Town). Fungsinya adalah meningkatkan kemungkinan pokemon yang memegang everstone untuk menurunkan Nature-nya ke pokemon anak hingga 50%. Akses ke battle Frontier, untuk mengecek IV. Akses ke Pokemon Day-Care, untuk breeding. Ditto dengan IV sempurna di stat yang diinginkan, jumlah tergantung stat apa saja yang ingin sempurna (Max 3). Jika kamu butuh perfect HP, Attack, dan Speed, maka kamu perlu 3 Ditto. 1 Ditto perfect HP, 1 Ditto perfect Attack, dan 1 Ditto perfect Speed. Ditto dengan Nature yang diinginkan. Untuk tutorial cara menangkap D

Cara mengecek IV Pokemon (Emerald)

Heyyah! Meap here, Hari ini aku akan bahas bagaimana cara mengecek IV di Pokemon Emerald. Apa itu IV? Kalau belum tau disarankan kamu baca dulu artikel tentang IV . Oke, langsung aja. Pertama kamu harus punya akses ke Battle Frontier supaya bisa ketemu sama kakek-kakek IV Checker. Lokasi tepatnya ada di bangunan belakang Pokemon Center yang ada di Battle Frontier. Masuk ke dalam bangunannya lalu bicaralah pada kakek-kakek yang yang ada di kursi sebelah kiri. Dia akan menawarkan untuk mengecek bakat dan potensi Pokemonmu. Setelah itu dia akan mengukur seberapa besar IV total pokemonmu. Berikut adalah 4 kemungkinan penilaian oleh kakek-kakek tersebut : "This one, overall, I would describe as being of average ability." artinya, IV total dari Pokemonmu berjumlah sekitar 0 hingga 90. "This one, overall, I would describe as having better-than-average ability." artinya, IV total dari Pokemonmu berjumlah sekitar 91 hingga 120. "This one, overall, I wou