Langsung ke konten utama

EV Training Guide Gen 3

 Defense) Carbos (Speed)
Sumber : https://www.wattpad.com/218733969-the-perfect-pokemon-vitamins


Heeyyya! G'day everyone!

Meap here,

kali ini yang mau aku bahas adalah EV training guide di Pokemon Emerald. Barangkali ada yang belum tau apa itu EV, bisa dibaca dulu EV Guide. Sooo, gimana sih caranya EV supaya dapet EV di stat yang kita mau? Jawaban simplenya sih, lawan aja pokemon lain yang punya reward EV di stat yang kita incar. Jika mau lihat tabelnya bisa cek di https://pokemondb.net/ev/all untuk tahu EV apa aja yang bisa didapet kalo ngalahin pokemon tertentu. Tapi kalo lihat satu-satu buat nentuin lokasinya kan susah, maka dari itu aku mau bagi nih cara EV training yang lebih cepet. Yuk kita bahas caranya bareng-bareng:

Pertama, aku akan bahas dulu lokasi mana aja yang sekiranya bagus untuk EV training di Pokemon Emerald.
Berikut Lokasi EV Training yang bagus berdasarkan reward EV-nya.

HP
Jika ingin melatih EV HP, direkomendasikan berlatih di:

Rusturf Tunnel
Tempatnya ada di gua sebelah timur Rustboro City, Rusturf Tunnel adalah tempat yang bagus banget untuk EV training HP, apalagi untuk pokemon dengan level rendah. Berikut EV yang bisa didapatkan dari Pokemon liar yang ada di Rusturf Tunnel:
  • +1 HP EV : Whismur
Desert Underpass
Jika sudah pernah mengalahkan Elite Four, tempat ini bisa diakses dari rumah penggali gua yang ada di route 114. Sangat cocok untuk pokemon dengan level di atas 50 (misal Legendary). Pokemon disini kuat-kuat semua, kisaran level 35-45. Berikut EV yang bisa didapat di sini:
  • +1 HP EV : Whismur, Ditto
  • +2 HP EV : Loudred
Attack
Rekomendasi tempat:

Mt.Pyre, lantai 1:
Mt. Pyre adalah kuburan Pokemon yang ada di selatan route 121. Level pokemon di sini berkisar antara level 22-29. Berikut EV yang bisa didapat di sini:
  • +1 Attack EV : Shuppet
Defense
Rekomendasi tempat:

Magma Hideout
Magma Hideout adalah markas berbentuk gua yang berada di Jagged Pass yang bisa diakses melalui Mt.Chimney atau Lavaridge Town. Pokemon di sini memiliki kisaran level 27 sampai 33. Berikut EV defense yang dapat didapat:
  • +1 Defense EV : Geodude
  • +2 Defense EV : Graveler, Torkoal
Special Attack
Rekomendasi Tempat :

Route 113
Adalah route yang terletak di sebelah timur Fallarbor Town. Disini level pokemonnya berkisar antara 14-16. Jika mengincar EV Special Attack, run jika bertemu dengan Skarmory. EV yang bisa didapat:
  • +2 Defense EV : Skarmory
  • +1 Special Attack EV : Slugma, Spinda

Special Defense
Rekomendasi Tempat:

Abandoned Ship
Abandoned Ship adalah bangkai kapal yang terletak di route 108. Cara paling efektif untuk melawan wild pokemon disini adalah dengan cara memancing dengan super rod atau surfing di lantai bawah. Yup, di surfing di kotakan air kecil dalam ruangan lantai bawah. Kisaran level adalah 5-35. Berikut EV yang bisa didapat:
  • +1 Special Defense EV : Tentacool
  • +2 Special Defense EV : Tentacruel
Route 114
Route ini terletak di sebelah barat Fallarbor Town. Pokemon disini memiliki level antara 15 sampai 17. Disini lebih sering bertemu dengan wild pokemon dibandingkan dengan Abandoned Ship, hanya saja pokemonnya lebih bervariasi untuk reward EVnya. Jadi jika menemua Pokemon yang memiliki reward EV selain Special Defense disarankan run. Berikut EV rewardnya :
  • +1 Attack EV : Nuzleaf, Seviper
  • +1 Special Attack EV : Seviper
  • +1 Special Defense EV : Lotad, Swablu
  • +2 Special Defense EV : Lombre
Speed
Rekomendasi Tempat:

Altering Cave
Adalah gua yang berada di rute 103, dapat diakses setelah menang melawan Elite Four. Pokemon disini memiliki level antara 6-16, cocok untuk pokemon dengan level yang tidak terlalu tinggi. Berikut EV yang bsia didapat :
  • +1 Speed EV : Zubat
Meteor Falls, Upper Section
Meteor Falls bisa diakses lewat Route 114 atau 115. Setelah di dalam, gunakan HM Waterfall pada air terjun dan masuk ke bagian dalam Meteor Falls. Tempat ini berisi pokemon dengan level 33-40, cocok untuk legendary. EV reward:
  • +2 Attack : Solrock
  • +2 Speed : Golbat

Itu tempat-tempat yang menurutku bagus untuk EV training. Namun sebelum menjelaskan prosedurnya, aku mau jelasin lagi tentang item-item yang akan berguna untuk EV training.

Vitamins
Image result for vitamins pokemon
Sumber gambar : https://pm1.narvii.com/6056/9c0e4bb657eb8b4e9ac3912c8b081e06b6ccd7c5_hq.jpg
Vitamins adalah obat yang bisa digunakan langsung untuk meningkatkan EV dari pokemon sebanyak 10 poin. Namun vitamin tidak bisa menambah EV lagi jika EV stat yang akan kamu naikan dengan vitamin sudah mencapai 100 atau lebih atau total EV sudah 510. Berikut adalah jenis-jenis vitamin:
  • HP Up : +10 HP EV
  • Protein : +10 Attack EV
  • Calcium : +10 Special Attack EV
  • Iron : +10 Defense EV
  • Zinc : +10 Special Defense EV
  • Carbos : +10 Speed EV
Vitamin dapat didapat dengan cara membelinya di Pasar Slateport atau Lilycove Department Store.


EV Berries
Image result for ev berries pokemon
EV berry adalah berry yang berfungsi untuk meningkatkan kebahagiaan pokemon, namun juga berfungsi sebagai penurun EV. Berikut efek dari EV berries.
  • Pomeg Berry : -10 HP EV (Route 119, Route 123)
  • Kelpsy Berry : -10 Attack EV (Route 115)
  • Qualot Berry : -10 Defense EV (Route 123)
  • Hondew Berry : -10 Special Attack EV (Route 119)
  • Grepa Berry : -10 Special Defense EV (Route 123)
  • Tamato Berry : -10 Speed EV (Sootopolis City)

Macho Brace
Sumber gambar : https://i.ytimg.com/vi/H4WifiQ20D4/hqdefault.jpg
Macho Brace berfungsi untuk melipat gandakan EV yang didapat dari battle jika dibawa oleh suatu pokemon, tapi mengurangi speed secara signifikan saat battle.

Pokerus
Sumber gambar : https://i.ytimg.com/vi/QViWV78N96A/hqdefault.jpg
Adalah virus pokemon yang sangat jarang ditemui, jika pokemonmu terkena pokerus maka EV yang didapat dilipat ganakan, jika menggunakan Macho Brace saat terkena Pokerus maka EV yang didapat dikali empat. Pokemon yang terkena pokerus akan memiliki logo PKRS di summary pokemon.

EXP Share
Sumber gambar : https://www.roblox.com/game-pass/1647946/EXP-Share
Exp Share adalah item yang berguna untuk EV training pokemon yang masih lemah. Prinsipnya, jika suatu pokemon membawa EXP share meskipun tidak ikut battle akan tetap mendapat EXP dan EV. EV yang didapat adalah jumlah original reward EV tanpa terpengaruh pokerus maupun macho brace.

Cara untuk training :
  1. Tentukan EV apa yang akan dimaksimalkan dan lokasi trainingnya. Misalkan jika akan melatih Rayquaza dengan 252Attack/252Speed/6HP maka targetnya adalah Mt.Pyre, Meteor Falls, dan Rusturf Tunnel.
  2. (Opsional) Gunakan Vitamin untuk mempercepat latihan. Max 100 EV dari vitamin untuk tiap stat. Misal dengan contoh tadi, berarti aku gunain 10 Protein dan 10 Carbos sebelum training.
  3. Kalkulasi berapa jumlah pokemon yang perlu dikalahkan, pertimbangkan apakah pokemonmu memiliki Pokerus maupun Macho Brace atau tidak. Misalkan, karena Rayquazaku udah kukasih vitamin, jadi EVnya udah 100ATK/100SPE maka untuk menjadi 252ATK/252SPE/6HP perlu 152ATK/152SPE/6HP lagi. Berarti jika ga pake Macho perlu mengalahkan 152 Shuppet, 76 Golbat, dan 6 Whismur. Namun kalo aku pake Macho Brace, jumlah tadi dibagi 2 jadi 76 Shuppet, 38 Golbat, dan 3 Whismur.
  4. Sebelum latihan, save dulu.
  5. Pergi ke tempat latihan dengan urutan target EV terbesar terlebih dahulu. Karena aku target jumlah pokemon terbesar terlebih dahulu. Misal aku tadi punya target 152 Shuppet, 76 Golbat, dan 6 Whismur. Berarti aku ke Mt.Pyre dulu, lalu ke Meteor Falls, dan terakhir Rusturf Tunnel.
  6. Kalahkan pokemon sesuai urutan dengan jumlah tadi dan hitung berapa pokemon yang  sudah dikalahkan. Inget, ngehitungnya bisa fleksibel. Misal kamu rencana mau ngalahin Swablu/Lotad 252 kali, eh tapi kamu malah ngalahin Lombre yang punya EV rewardnya juga Special Defense tapi +2, berarti anggep aja 1 Lombre itu 2 Swablu/Lotad. Jika Pokemonmu masih level 5, direkomendasikan jangan ikut bertarung. Pasang saja EXP Share pada Pokemon level 5-mu dan biarkan pokemonmu yang lain yang lebih kuat yang bertarung.
  7. "Aduh! Aku ga sengaja ngalahin pokemon yang bukan target! Adudududuh, gimana ya?" Tenang, kalo kamu dapet EV yang ga kamu inginkan, kamu bisa turunkan EV itu pake berry penurun EV. Misal aku ga sengaja ngalahin suatu pokemon yang aku ga tau EV Rewardnya apa, pake aja semua berry kecuali berry yang ngurangin stat yang sudah kamu training. Misalkan Rayquazaku tadi ga sengaja nyerang Lombre dan aku ga tau EV rewardnya dan aku udah training Attack sama Speed. Berarti aku pake Pomeg, Qualot, Hondew, sama Grepa. Tentu kalo aku tahu itu SP Def EV, aku langsung aja pake 1 Grepa Berry. Tapi gimana kalo EV yang udah ditraining yang kena? Misal aku ngalahin Solrock malahan, kan lebih 2 poin di attack. Berarti ada 254 EV, aku pake Kelpsy buat ngurangin 10 jadi 244. Kemudian aku training lagi sampe nambah 8 attack jadi 252 lagi. Nah yang parah itu kalo sampe hilang itungan kita dah sampe mana. Kalo dah gitu terpaksa reset, load dari awal, dan train dari awal.
  8. Kalo udah nyelesein training untuk 1 stat, disarankan save dulu. Soalnya repot ntar kalo hilang hitungan pas training stat kedua.
  9. Ulangi sampe semua EV sesuai target.
  10. Untuk mengecek sudah 510 EV yang terkumpul atau belum, pergi ke Pasar Slateport dan bicara pada gadis yang di sebelah Energy Guru (tempat jual vitamin) dengan Pokemon yang akan kamu cek di slot pertama. Dia akan memberi Pokemon slot pertamamu Effort Ribbon kalo EV udah 510.
Yups sekian artikel tentang EV training pada kali ini. Kalo ada yang mau ditanyakan, tulis aja di kolom komentar.

Terimakasih,

Au Revoir!


Sumber :
http://www.psypokes.com/emerald/berrystats.php
https://gamefaqs.gamespot.com/boards/921905-pokemon-emerald-version/34684735
https://www.smogon.com/ingame/guides/emerald_ev_manual

Komentar

  1. Bang blh minta no.wa ga bang ?, Ane msh kurang paham soalnya mumetin wkwk
    Ane main pokemon udah lama sih, ya tp mainnya asal tamat aja, mls training, lvl up pk rare candy wkwk

    BalasHapus
  2. Bang blh minta no.wa ga bang ?, Ane msh kurang paham soalnya mumetin wkwk
    Ane main pokemon udah lama sih, ya tp mainnya asal tamat aja, mls training, lvl up pk rare candy wkwk

    BalasHapus
  3. ada komunitas pemain emerald GBA nggk??

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pokemon Natures Guide

IMG Source :  https://www.zerochan.net/1117697 Hai! Meap here, Di dunia hingga generasi sekarang udah ada 700 lebih jenis pokemon, dan setiap jenis punya populasi masing masing. Layaknya manusia, setiap pokemon berbeda dari satu dengan yang lain. Layaknya manusia, pokemon punya hal yang disukai sama ga disukai. Ada yang suka manis, ada yang sukanya asem, ada yang sukanya pahit juga. Cara pokemon untuk hidup juga berbeda-beda pula. Kenapa mereka bisa begitu? Layaknya manusia, pokemon juga memiliki sifat masing-masing. Yup, kali ini yang akan kita bahas disini itu Natures atau sifat dari pokemon. Apa itu nature? Singkatnya nature adalah kategori untuk menentukan sifat pokemon. Di pokemon game, nature mempengaruhi beberapa hal dari suatu pokemon. Berikut hal-hal yang dipengaruhi oleh nature: Stats : Menambah 10% dari total suatu stats dan mengurangi 10% dari total suatu stats lain. Rasa kesukaan (Pokeblock, Poffin, dll), untuk keperluan pokemon contest. Hingga sekarang ad

Emerald Breeding Guide

Haaaarorororororororo! Meap here, Hari ini aku mau berbagi info mengenai metode supaya mendapat Pokemon dengan keunggulan Stats yang diinginkan, yaitu dengan cara Breeding. Breeding memungkinkan kita untuk dapat Nature, Ability, dan IV yang kita inginkan karena banyak mekanik breeding yang bisa kita eksploitasi. Langsung saja aku demonstrasikan caranya. Hal-hal yang dibutuhkan : Everstone, bisa didapat di Granite Cave (dekat Dewford Town). Fungsinya adalah meningkatkan kemungkinan pokemon yang memegang everstone untuk menurunkan Nature-nya ke pokemon anak hingga 50%. Akses ke battle Frontier, untuk mengecek IV. Akses ke Pokemon Day-Care, untuk breeding. Ditto dengan IV sempurna di stat yang diinginkan, jumlah tergantung stat apa saja yang ingin sempurna (Max 3). Jika kamu butuh perfect HP, Attack, dan Speed, maka kamu perlu 3 Ditto. 1 Ditto perfect HP, 1 Ditto perfect Attack, dan 1 Ditto perfect Speed. Ditto dengan Nature yang diinginkan. Untuk tutorial cara menangkap D

Cara mengecek IV Pokemon (Emerald)

Heyyah! Meap here, Hari ini aku akan bahas bagaimana cara mengecek IV di Pokemon Emerald. Apa itu IV? Kalau belum tau disarankan kamu baca dulu artikel tentang IV . Oke, langsung aja. Pertama kamu harus punya akses ke Battle Frontier supaya bisa ketemu sama kakek-kakek IV Checker. Lokasi tepatnya ada di bangunan belakang Pokemon Center yang ada di Battle Frontier. Masuk ke dalam bangunannya lalu bicaralah pada kakek-kakek yang yang ada di kursi sebelah kiri. Dia akan menawarkan untuk mengecek bakat dan potensi Pokemonmu. Setelah itu dia akan mengukur seberapa besar IV total pokemonmu. Berikut adalah 4 kemungkinan penilaian oleh kakek-kakek tersebut : "This one, overall, I would describe as being of average ability." artinya, IV total dari Pokemonmu berjumlah sekitar 0 hingga 90. "This one, overall, I would describe as having better-than-average ability." artinya, IV total dari Pokemonmu berjumlah sekitar 91 hingga 120. "This one, overall, I wou