Langsung ke konten utama

Pokemon IV Guide




Halo halo!

Meap here,

Selamat datang di Pokemon IV Guide! Disini aku akan bahas salah satu mekanik tersembunyi di pokemon game yaitu IV. Nanti bakalan kujelasin apa itu IV, bagaimana cara kerjanya, dan apa efeknya.

Sooo, langsung saja, apa itu IV? Seperti biasa supaya lebih mudah dipahami, kita main analogi. Misalkan ada 2 orang saudara dari orang tua yang sama. Saat sudah dewasa mereka akan berbeda dari sifat, kemampuan, dan talenta. Perbedaan talenta inilah biasanya sangat mudah disadari, karena mungkin saudara A punya bakat musik dan saudara B punya bakat olahraga meskipun mereka lahir dari orang tua yang sama.

Hubungannya sama pokemon apa? Pokemon juga sama, meskipun 2 pokemon dengan jenis yang sama dan level yang sama tetap saja statsnya beda. Ada 3 faktor yang mempengaruhi perbedaan pokemon satu spesies dengan level sama yaitu Nature, EV, dan IV. Kali ini fokus kita adalah IV, yang pada analogi diatas adalah bakat yang dimiliki pokemon. Jadi IV atau Individual Value (Nilai Individual) adalah poin bakat yang ada pada suatu pokemon sejak pokemon itu menetas.

Pada generasi 1 dan 2, hanya 4 stat yang IVnya ditentukan saat menetas atau saat ditangkap yaitu Attack, Defense, Special, dan Speed. Sedangkan untuk IV HP bergantung kepada keempat IV dari stat lain. Pada setiap stat, nilai dari IV berkisar antara 0-15. Mulai generasi 3, IV dari setiap stats yang dimiliki oleh suatu pokemon berkisar antara 0 hingga 31 dan seluruh stat dari HP hingga Speed ditentukan dari saat pokemon itu menetas atau ditangkap. Untuk pertandingan kompetitif seperti VGC (Video Game Championship) biasanya menggunakan pokemon dengan IV sempurna. Pokemon IV sempurna adalah pokemon yang memiliki IV 31 pada setiap stats.

Terus apa sih efek dari pokemon yang memiliki IV tinggi? Tentunya dengan IV yang lebih tinggi, stat dari pokemon tersebut juga lebih tinggi. Efek dari IV akan peling terlihat saat pokemon sudah mencapai level 100. Dengan adanya IV, pokemon saat level 100 akan bertambah statnya sebanyak poin IV. Supaya makin jelas, mendingan aku langsung demonstrasi aja.

Lihat gambar di bawah, aku punya 2 Pikachu level 6 dengan nature yang sama. Karena kedua pokemon belum pernah battle kedua EV Pikachunya masih 0 di semua stat. Detail IVnya tertulis di bawah gambar dengan format HP/Attack/Defense/Sp.Attack/Sp.Defense/Speed.


IV : 02/28/06/15/27/08
IV : 31/07/09/26/28/01

Bisa dilihat bahwa kedua pokemon meskipun memiliki nature yang sama tetap memiliki stats yang berbeda karena IV dari kedua pokemon tersebut berbeda. Jika masih level 5 atau 6, perbedaannya memang masih sedikit. Jadi kedua Pikachu aku kasih rare candy supaya naik hingga level 100.

IV : 02/28/06/15/27/08
IV : 31/07/09/26/28/01
Setelah dilihat saat level 100, akan terlihat perbedaannya. Jika kita lihat stat HP Pikachu sebelah kanan, maka akan terlihat bahwa HP Pikachu sebelah kanan lebih unggul 29 poin dari Pikachu sebelah kiri. Hal ini karena stat HP murni Pikachu saat level 100 (yaitu 180) ditambah dengan poin IV yang berjumlah 31 sehingga totalnya 211. Jika tertarik untuk mendapatkan pokemon dengan perfect IV lebih dari 2 stat, ada guidenya disini. Cek aja artikel Breeding Guide di Pokemon Emerald.

Untuk IV kurang lebih seperti itu, jika ada yang ingin ditanyakan tentang IV silahkan tanyakan di comment. Kalau kamu suka dengan guide ini, jagan lupa dishare ya~

Thanks for staying,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pokemon Natures Guide

IMG Source :  https://www.zerochan.net/1117697 Hai! Meap here, Di dunia hingga generasi sekarang udah ada 700 lebih jenis pokemon, dan setiap jenis punya populasi masing masing. Layaknya manusia, setiap pokemon berbeda dari satu dengan yang lain. Layaknya manusia, pokemon punya hal yang disukai sama ga disukai. Ada yang suka manis, ada yang sukanya asem, ada yang sukanya pahit juga. Cara pokemon untuk hidup juga berbeda-beda pula. Kenapa mereka bisa begitu? Layaknya manusia, pokemon juga memiliki sifat masing-masing. Yup, kali ini yang akan kita bahas disini itu Natures atau sifat dari pokemon. Apa itu nature? Singkatnya nature adalah kategori untuk menentukan sifat pokemon. Di pokemon game, nature mempengaruhi beberapa hal dari suatu pokemon. Berikut hal-hal yang dipengaruhi oleh nature: Stats : Menambah 10% dari total suatu stats dan mengurangi 10% dari total suatu stats lain. Rasa kesukaan (Pokeblock, Poffin, dll), untuk keperluan pokemon contest. Hingga sekarang ad

Emerald Breeding Guide

Haaaarorororororororo! Meap here, Hari ini aku mau berbagi info mengenai metode supaya mendapat Pokemon dengan keunggulan Stats yang diinginkan, yaitu dengan cara Breeding. Breeding memungkinkan kita untuk dapat Nature, Ability, dan IV yang kita inginkan karena banyak mekanik breeding yang bisa kita eksploitasi. Langsung saja aku demonstrasikan caranya. Hal-hal yang dibutuhkan : Everstone, bisa didapat di Granite Cave (dekat Dewford Town). Fungsinya adalah meningkatkan kemungkinan pokemon yang memegang everstone untuk menurunkan Nature-nya ke pokemon anak hingga 50%. Akses ke battle Frontier, untuk mengecek IV. Akses ke Pokemon Day-Care, untuk breeding. Ditto dengan IV sempurna di stat yang diinginkan, jumlah tergantung stat apa saja yang ingin sempurna (Max 3). Jika kamu butuh perfect HP, Attack, dan Speed, maka kamu perlu 3 Ditto. 1 Ditto perfect HP, 1 Ditto perfect Attack, dan 1 Ditto perfect Speed. Ditto dengan Nature yang diinginkan. Untuk tutorial cara menangkap D

Cara mengecek IV Pokemon (Emerald)

Heyyah! Meap here, Hari ini aku akan bahas bagaimana cara mengecek IV di Pokemon Emerald. Apa itu IV? Kalau belum tau disarankan kamu baca dulu artikel tentang IV . Oke, langsung aja. Pertama kamu harus punya akses ke Battle Frontier supaya bisa ketemu sama kakek-kakek IV Checker. Lokasi tepatnya ada di bangunan belakang Pokemon Center yang ada di Battle Frontier. Masuk ke dalam bangunannya lalu bicaralah pada kakek-kakek yang yang ada di kursi sebelah kiri. Dia akan menawarkan untuk mengecek bakat dan potensi Pokemonmu. Setelah itu dia akan mengukur seberapa besar IV total pokemonmu. Berikut adalah 4 kemungkinan penilaian oleh kakek-kakek tersebut : "This one, overall, I would describe as being of average ability." artinya, IV total dari Pokemonmu berjumlah sekitar 0 hingga 90. "This one, overall, I would describe as having better-than-average ability." artinya, IV total dari Pokemonmu berjumlah sekitar 91 hingga 120. "This one, overall, I wou