Langsung ke konten utama

UPDATE VAINGLORY 3.9 PERUBAHAN HERO & ITEM BALANCE


sumber: https://www.vainglorygame.com/news/update-3-9-hero-item-balance-changes/
translate: Jimstzky



PERBAIKAN BUG / PEMBERSIHAN
  • visual efek dari reflex block sekarang bertahan sesuai durasi yang benar
  • efek dari item-item lebih menempel ke hero
  • perbaikan bug dimana skill yang meluncurkan beberapa tembakan dalam satu arah yang dapat menyerang tidak sesuai dengan arah yang sewajarnya.
  • perbaikan beberapa kasus dimana minion yang berdiri saling menempel satu sama lain.
  • Porcupin Mortars (skill A Baron) sekarang memberi damage yang benar kepada minion
  • talent Spiked Brew punya Ringo sekarang sudah memberi damage dari ulti yang sesuai.
  • Hero-hero yang mempunyai normal/basic attack crystal damage (CP) sudah tidak lagi mempunyai tambahan 10 base WP attack. 10 wp attack tersebut dipindahkan ke cp damage dari basic attack mereka. Hero terkait:
    • Celeste
    • Malene
    • Lyra
    • Varya
    • Lorelai
  • perbaikan bug dimana Inara bisa menggunakan perk atau passive nya untuk melompat ke Treant dan menandai hero yang sedang terkena root.
  • perbaikan sebuah bug dimana ulti milik Lorelai memberi barrier lebih dari seharusnya.
  • perbaikan bug dimana Churnwalker tidak me-reset skill A nya (Hook & Chain) seperti seharusnya.
  • Feint of Heart milik Blackfeather tidak lagi memiliki 150% rasio weapon
  • pemilihan role mode 5v5 sudah di update lebih baru
  • Healing Treant nama nya sudah di ganti menjadi Barrier Treant
  • Barrier Treants sekarang warnanya bukan hijau lagi tetapi putih 
  • perbaikan masalah dimana barrier turret yang seharusnya hilang saat minion menyerang atau memasuki range dari turret
  • tembakan-tembakan atau skill yang seperti Boomerang (contoh skill A milik Idris) sedikit ditingkatkan atau ditajamkan ketika diarahkan ke musuh 
  • menambahkan pemilihan Build path kembali ke lobby mode ARAL
  • perbaikan bug dimana Infusion dapat dijual dengan harga penuh 
  • perbaikan efek dari skill-skill hero dibawah:
    • Samuel B
    • Petal A (Seed)
    • Rona C
    • Churnwalker B/C
    • Catherine A
    • SAW A
    • Lance C
    • damage dari skill C milik Celeste terhadap monster di kurangi 
  • Debuff dari hero dibawah sekarang sudah bisa di block
    • Silvernail B
    • Anka A
 META GENERAL / UMUM
  • Boots – Travel Speed Bonus
    • tidak lagi digagalkan ketika sedang menyerang hero musuh
    • waktu Lockout atau hilangnya bonus speed ditambah dari 3 menjadi 4 detik (menyesuaikan) dengan bonus movement speed dari River)
    • bertujuan untuk memberi manfaat pada agression/permainan agresif dan positioning yang baik
  • tembakan dari minion menjadi lebih cepat
    • dengan hero yang damage nya di rendahkan, tembakan dari minion tidak dibuat untuk dihindari sehingga mengurani kejadian tembakan minion yang hilang diudara.
  • mengurani range atau jarak dari hero yang bisa mendapatkan gold (ambient) dari monster
    • 14 → 10 m
    • bertujuan untuk menambah partisipasi yang aktif dalam farming gold (harus lebih mendekat dan kalau bisa ikut menyerang membantu menyerang)
  • menambahkan durasi heal dari treant dengan total heal yang masih sama
    • 12 → 15 detik
    • bertujuan untuk memberi musuh sedikit pertimbangan untuk tidak menyerang ketika anda sedang mendapatkan heal dari treant
  • menambah durasi barrier dari treant
    • 12 → 15 detik
    • bertujuan untuk memberi pemain pertimbangan untuk maju menyerang ketika sedang mendapatkan barrier dari treant
  • penambahan bounty gold
    • Base bounty
      • 200 → 300
    • Minimum bounty
      • 40 → 20
    • First blood bonus
      • 100 → 150
    • Bounty bertambah setiap kill
      • 100 → 150
    • Bounty bertambah setiap assist
      • 50 → 75
    • bertujuan menambahkan minat untuk mencoba melakukan harass atau mengganggu musuh dan melakukan kill, serta menambah resiko salah perhitungan ketika musuh menginvade atau mencuri farm dari jungle milik sendiri

5v5 META
  • River – River Speed Bonus
    • tidak lagi digagalkan ketika sedang menyerang hero musuh
  • Sprint – Aktivasi semua Boots
    • sedikit lebih cepat
    • Increasing active impact early game and maintains impact late game
    • menambah impact dari early game (kejadian fight atau team fight) dan menjaga impact dari late game
  • menambah kekebalan minion early game (lebih tanky)
    • total HP dari minion di tambahkan early game tetapi tetap sama saat late game
    • bertujuan untuk membuat laners lebih lama berada di lane 
  • penambahan kekebalan dari monster-monster di jungle
    • bertujuan untuk membuat lebih susah melakukan burst ke monster jungle untuk beberapa hero yang memiliki burst damage dan lebih susah di bunuh ketika mid sampai late game.
  • pengurangan penghasilan gold (ambient) dari monster jungle
    • 60% → 30%
    • bertujuan untuk membuat beberapa hero lain tidak selalu berada di jungle untuk menemani si jungler
  • menambah penghasilan gold (ambient) dari minion
    • 60% → 75%
    • bertujuan untuk membantu captain menjadi lebih berpengaruh dan tidak jauh tertinggal gold nya
  • monster jungle muncul lebih cepat
    • 45 → 35 detik
    • bertujuan untuk membuat pilihan yang lebih berarti diantara membersihkan minion atau membantu membersihkan jungle
  • Gold & EXP trickle / aliran dimulai lebih cepat
    • 45 → 35 detik
  • penambahan gold penhancuran turret
    • 200 → 300
  • Vain Crystal
    • tidak lagi memiliki pengurangan damage dari armory
    • Health
      • 13500 → 20000
  • Jungle Respawn / muncul kembali
    • Normal Camps
      • 100 → setiap 105 detik
    • Guardian Camps
      • 120 → setiap 125 detik
  • Big Jungle Bear
    • Gold
      • 85 → 90
  • Goldoak
    • Gold
      • 230 → 220
  • penambahan bounty setiap farm
    • 0 → 3
3v3 META
  • penambahan bounty setiap farm
    • 0 → 5
HEROES (NERF / BUFF)

ADAGIO
VERSE OF JUDGEMENT
  • Damage
    • 500/900/1300 → 800/1100/1400
  • Fortified Health
    • 500/800/1100 → 600/800/1000

ANKA
SHIMMER BLADE
  • Cooldown
    • 10/9.5/9/8.5/8 → 12/12/12/12/8
  • Range
    • 8.25/9/9.75/10.5/12 → 8/9/10/11/12

DANCE OF BLADES
  • Cooldown
    • 8/7.5/7/6.5/5.5 → 8/7/6/5/4
  • Damage
    • 55/90/125/160/230 → 50/80/110/140/200
MIRAGE
  • Cooldown
    • 80/70/60 → 90/70/50
  • Initial Damage
    • 95/140/185 → 100/140/180
  • Return Damage
    • 190/285/380 → 200/280/360
ARDAN
GAUNTLET
  • Damage
    • 250/375/500 → 400/500/600
  • Crystal Ratio
    • 350% → 250%
BARON
PORCUPINE MORTAR
  • Crystal Ratio
    • 170% → 130%
ION CANNON
  • Cooldown
    • 80/65/50 → 80/70/60
  • Energy Cost
    • 140 → 100/125/150
  • Damage (Center)
    • 400/650/900 → 500/750/1000
  • Crystal Ratio
    • 225% → 150%
BLACKFEATHER
FEINT OF HEART
  • Base damage sekarang full waepon power
  • Focus Cost
    • 50 → 60
  • Execute Damage
    • 11/12/13/14/16% → 15/15/15/15/25%
ON POINT
  • Focus Cost
    • 60/60/60/60/60 → 60/60/60/60/40
  • Focus Regeneration On Hit
    • 35 → 40
  • Barrier
    • 120/150/180/210/270 → 125/175/225/275/325
ROSE OFFENSIVE
  • Charge Time
    • 45/40/35 → 40/30/20
  • Recast Cooldown
    • 1.8/1.0/0.2 → 0.2/0.2/0.2
  • Focus Cost
    • 50/50/50 → 60/40/20
  • Bonus Damage
    • 50/100/150 → 100/150/200
CATHERINE
BLAST TREMOR
  • Damage
    • 300/450/600 → 400/550/700
  • Crystal Ratio
    • 130% → 150%


CHURNWALKER
HOOK & CHAIN
  • Damage
    • 80/115/150/185/220 → 40/80/120/160/200
TORMENT
  • Damage
    • 60/110/160/210/310 → 80/140/200/260/380
  • Crystal Ratio
    • 1% → 80%
TRESPASS
  • Damage
    • 200/350/500 → 300/400/500
  • Crystal Ratio
    • 1% → 100%
FLICKER
MOONCLOAK
  • Stealth Duration
    • 12/14/16 → 8/10/12
GRACE
HOLY NOVA
  • Damage
    • 130/230/330/430/530 → 210/290/370/450/530
GRUMPJAW
GRUMPY
  • Damage
    • 50/90/130/170/250 → 75/110/145/180/250
HANGRY
  • Weapon Damage → Crystal Damage
  • Damage
    • 25/40/55/70/85 → 40/60/80/100/120
STUFFED
  • Damage
    • 300/450/600 → 400/550/700

JOULE
ROCKET LEAP
  • Knockback → Slow
  • Slow Strength
    • 30/35/40/45/50%
  • Edge Damage
    • 33% → 50%
THUNDER STRIKE
  • Crystal Ratio
    • 160% → 180%
  • Weapon Ratio
    • 180% → 160%
BIG RED BUTTON
  • Cooldown
    • 50/40/30 → 80/70/60
  • Damage Per Second
    • 430/795/1160 → 600/900/1200
  • Crystal Ratio
    • 350% → 200%
KENSEI
STATS
  • Basic Attack
    • 119-163 → 90-134
IMMOVABLE MIND
  • Damage Max Health Ratio
    • 0.018% → 0.025%
LOTUS STRIKE
  • Recast Duration
    • 5 → 7.5
KESTREL
GLIMMERSHOT
  • Energy Cost
    • 30/40/50/60/70 → 30/35/40/45/50
  • Area Damage
    • 40/70/100/130/160 → 40/80/120/160/200
  • Crystal Ratio
    • 120% → 80%
  • Basic Attack Damage
    • 100/100/100/100/110% → 105/110/115/120/125%
  • Bonus Armor Pierce
    • Removed / dihilangkan
ACTIVE CAMO
  • Damage
    • 100/150/200/250/300 → 140/230/320/410/500
  • Crystal Ratio
    • 270% → 120%
ONE SHOT. ONE KILL.
  • Damage
    • 450/625/800 → 600/800/1000
  • Crystal Ratio
    • 260% → 180%
  • Bonus Armor Pierce
    • Removed
KOSHKA
POUNCY FUN
  • Cooldown
    • 6/6/6/6/5 → 5/5/5/5/4
  • Damage
    • 60/100/140/180/260 → 80/120/160/200/280
KRUL
DEAD MAN’S RUSH
  • Basic Attack Ratio
    • 165% → 140%
SPECTRAL SMITE
  • Cooldown
    • 13/12.5/12/11.5/10 → 12/12/12/12/10
  • Damage
    • 100/150/200/250/350 → 60/120/180/240/360
  • Crystal Ratio
    • 50% → 80%
  • Damage Per Stack
    • 20/30/40/50/70 → 15/30/45/60/90
  • Lifesteal Per Stack
    • 6/8/10/12/16% → 5/5/5/5/7.5%
  • Heal
  • Crystal Ratio
    • 35% → 40%
FROM HELL’S HEART
  • Cooldown
    • 80/60/40 → 90/75/60
  • Damage
    • 350/500/650 → 250/450/650
  • Slow Duration
    • 3/3.5/4 → 2.6/3.3/4
  • jangkauan Hitbox (area yang bisa terkena damage) di tambahkan untuk menyesuaikan dengan PFX
LANCE
IMPALE
  • Damage
    • 100/200/300/400/500 → 180/260/340/420/500
  • Weapon Ratio
    • 140% → 100%
GYTHIAN WALL
  • Damage
    • 70/105/140/175/210 → 50/90/130/170/210
  • Weapon Ratio
    • 120% → 80%
COMBAT ROLL
  • Cooldown
    • 6/4.5/3 → 5/4/3
LORELAI
THAT’S SWELL
  • Empowered Bonus Crystal Power
    • 15-180 → 10-120
FISH FOOD
  • Energy Cost
    • 60/75/90/105/120 → 60/70/80/90/100
  • Range
    • 7.5/7.5/7.5/7.5/9.5 → 8/8/8/8/9.5
  • Impact Delay
    • 0.6 → 0.7
  • Impact Damage
  • Crystal Ratio
    • 70% → 80%
  • Stun Duration
    • 0.45 → 0.5
  • Empowered Bonus
  • tidak lagi memiliki delay impact yang dikurangi
  • durasi stun ditambahkan
SPLASHDOWN
  • Energy Cost
    • 60/70/80/90/90 → 50/60/70/80/40
WATERWALL
  • Energy Cost
    • 90/105/120 → 100/125/150
  • Barrier Strength
    • 400/600/800 → 500/750/1000
  • Empowered Barrier Duration
    • 4 → 6
MALENE
LIGHT RIBBONS (A1)
  • Energy Cost
    • 40/50/60/70/0 → 40/50/60/70/35
SHADOW TENDRILS (A2)
  • Energy Cost
    • 40/50/60/70/0 → 40/50/60/70/35
  • ROYAL AMNESTY (B1)
  • Cooldown
    • 17/16/15/14/13 → 12/12/12/12/12
WICKED ESCAPADE (B2)
  • Cooldown
    • 21/20/19/18/16 → 22/21/20/19/16
  • ENCHANTED TRANSFORMATION
  • Cooldown
    • 7/6/5/4 → 6/5/4/3
PHINN
QUIBBLE
  • Damage
    • 160/270/380/490/600 → 200/300/400/500/600
POLITE COMPANY
  • Damage
    • 60/140/220/300/460 → 75/125/175/225/275
  • Duration
    • 3/3/3/3/4 → 2/2/2/2/3
FORCED ACCORD
  • Cooldown
    • 75/60/45 → 85/70/55
REIM
MOVEMENT SPEED
  • 3.5 → 3.4
FROSTGUARD
  • Damage Over Time
    • 30-107 → 50-160
  • Crystal Ratio
    • 160% → 180%
  • Duration
    • 2s → 4s
WINTER SPIRE
  • Energy Cost
    • 60/60/60/60/60 → 30/35/40/45/50
  • Impact Damage
    • 60/90/120/150/180 → 40/60/80/100/120
  • Crystal Ratio
    • 80% → 50%
  • Burst Damage
    • 60/90/120/150/180 → 70/140/210/280/350
  • Crystal Ratio
    • 120% → 160%
  • Range
    • 6.5/6.5/6.5/6.5/8 → 6/6/6/6/8
CHILL WINDS
  • Cooldown
  • 14/13/12/11/7 → 12/11.5/11/10.5/10
  • Energy Cost
    • 80/85/90/95/100 → 60/65/70/75/80
  • Damage
    • 80/120/160/200/280 → 60/110/160/210/310
  • Crystal Ratio
    • 40% → 80%
  • Root Duration
    • 0.9/1/1.1/1.2/1.4 → 1/1/1/1/1.5
VALKYRIE
  • Cooldown
    • 60/50/40 → 90/75/60
  • Energy Cost
    • 100/100/100 → 100/125/150
  • Damage (Center)
    • 250/375/500 → 300/450/600
  • Crystal Ratio
    • 125% → 160%
  • Damage (Edge)
    • 200/300/400 → 150/225/300
  • Crystal Ratio
    • 100% → 80%
  • Slow
    • 60%/70%/80% → 80%/80%/80%
  • Slow Duration (Center)
    • 3/4.5/6 → 4/5/6
  • Stun Duration
    • 0.6/0.8/1 → 0.9/1.2/1.5
RONA
BERSERKER’S FURY
  • Basic Attack Ratio
    • 85% → 90%
RED MIST
  • Fortified Health Per Second
    • 60/100/140 → 100/150/200
SILVERNAIL
STAKE
  • Charge Time
    • 8 → 10/9.5/9/8.5/8
CAUSTIC BLESSING
  • Weapon Ratio
    • 60% → 0%
SKYE
FORWARD BARRAGE
  • Damage Per Second
  • Weapon Ratio
    • 90% → 100%
  • Crystal Ratio
    • 150% → 175%
  • Slow
  • Weapon Ratio
    • 0.2% → 0.3%
  • Cap
    • 40% → 60%
SURI STRIKE
  • Cooldown
    • 16/14/12/10/7 → 16/14/12/10/6
TAKA
HOUSE KAMUHA
  • Damage
    • 20-75 → 30-85
  • Weapon Ratio
    • 20% → 30%
VARYA
CHAIN LIGHTNING
  • Default Attack Damage
    • 80-157 → 70-114
  • Crystal Ratio
    • 40% → 25%
  • Chain Lightning Damage
    • 30-69 → 37-125
  • Crystal Ratio
    • 35% → 50%
STORMFORGED SPEAR
  • Impact Damage
    • 75/120/165/210/255 → 70/110/150/190/230
  • Crystal Ratio
    • 200% → 150%
  • Chain Damage
    • 60/90/120/150/180 → 60/95/130/165/200
  • Crystal Ratio
    • 100% → 130%
ARC RECURSION
  • Dash Distance
    • 5.4/5.4/5.4/5.4/6.4 → 4.5/4.5/4.5/4.5/6.5
YATES
WOLF’S MAW
  • Damage
    • 125/225/325/425/525 → 165/255/345/435/525
OVERWHELM
  • Cooldown
    • 18/17/16/15/14 → 16/15/14/13/11
ITEMS

ALTERNATING CURRENT
  • Crystal Power
    • 50 → 45
  • Attack Speed
    • 30% → 40%
  • Crystal Ratio
    • 70% → 50%
AEGIS
  • Total Cost
    • 2100 → 2200
  • Armor
    • 40 → 45
  • Shield
    • 40 → 45
BONESAW
  • Armor Pierce
    • 20% → 25%
BROKEN MYTH
  • Builds berubah menjadi kombinasi Eclipse Prism + Piercing Shard
    • Total Cost atau biaya masih sama
  • Crystal Power
    • 60 → 50
COAT OF PLATES
  • Total Cost
    • 800 → 750
  • Armor
    • 60 → 55
CRUCIBLE
  • tidak lagi bisa digunakan ketika hero sedang terkena stun (gunakan sebelum di stun)
FOUNTAIN OF RENEWAL
  • Build dengan kombinasi Lifespring + Warmail
  • Total Cost
    • 2500 → 2400
  • Armor
    • 20 → 40
  • Shield
    • 60 → 40
HALCYON CHARGERS
  • Move Speed
    • 0.5 → 0.7
JOURNEY BOOTS
  • Move Speed
    • 0.5 → 0.7
KINETIC SHIELD
  • Total Cost
    • 800 → 750
  • Shield
    • 60 → 55
METAL JACKET
  • Total Cost
    • 2400 → 2200
  • Armor
    • 90 → 95
POISONED SHIV
  • Total Cost
    • 2250 → 2500
  • Weapon Power
    • 30 → 35
  • Attack Speed
    • 25% → 35%
PULSEWEAVE
  • Total Cost
    • 2700 → 2500
  • [NEW] Passive: juga memberi 15% burst damage setiap detik kepada musuh sekitar ketika sedang tersedia
REFLEX BLOCK
  • tidak lagi bisa di gunakan ketika sedang terkena stun
  • Active Barrier
    • 100-400 → 100-600
[NEW] CELESTIAL SHROUD
  • Builds lanjutan dari Kinetic Shield
  • Total Cost: 2200
  • Shield: 95
  • Passive: memberi imunitas kepada skill dan damage yang memiliki buff. passive akan aktif lagi setelah cooldown 35 detik.
SHIVERSTEEL
  • Active
    • Removed
  • [NEW] Passive: Basic attacks memiliki efek 35/20% (Melee/Range) slow enemy untuk 1 detik.
  • Total Cost
    • 1950 → 2400
  • Max Health
    • 400 → 600
  • Attack Speed
    • 25% → 20%
SLUMBERING HUSK
  • Builds kombinasi dari Coat of Plates and Kinetic Shield
  • Total Cost
    • 2600 → 2300
  • Armor
    • 45 → 55
  • Shield
    • 90 → 55
STORMCROWN
  • Total Cost
    • 2000 → 2400
  • Energy Recharge
    • 1 → 2
  • Cooldown Reduction
    • 15% → 20%
  • True Damage
    • 140-480 → 150-750
  • Effectiveness on Heroes/Structures
    • 25% → 20%
  • Passive Cooldown
    • 4 → 6
STORMGUARD BANNER
  • Max Health
    • 250 → 300
  • True Damage
    • 30-200 → 150-250
  • Effectiveness on Heroes/Structures
    • 25% → 10%
  • Passive Cooldown
    • 4 → 6
TELEPORT BOOTS
  • Move Speed
    • 0.5 → 0.7
TRAVEL BOOTS
  • Move Speed
    • 0.3 → 0.4
WARMAIL
  • Total Cost
    • 900 → 800
WAR TREADS
  • Move Speed
    • 0.5 → 0.7
TALENTS

ALPHA
PRIME TIME
  • Fortified Health Scaling
    • 2.5% → 5%
ACCELERATION
  • Movement Speed Scaling
    • 0.5 → 1
ANKA
CRIMSON BLADE
  • Base Damage
    • 110% → 100%
  • Damage Scaling
    • 20% → 10%
ARDAN
HEAVY HITTER
  • Base Damage
    • 140% → 130%
  • Range
    • -3.5 → -5
GRUMPJAW
BIG APPETITE
  • Base Cooldown
    • 50% → 40%
  • Duration Scaling
    • 0.5 → 0.4
IDRIS
PATH OF THE SEEKER
  • Base Passive Weapon/Crystal Power
    • -40% → -45%
  • Passive Weapon/Crystal Power Scaling
    • 1.5% → 1%
INARA
DANCE OF MENDING
  • Base Healing
    • 95 → 125
  • Healing Scaling
    • 15 → 25
  • Damage Scaling
    • 3% → 2%
BANISHING  MIGHT
  • Base Distance
    • 2 → 3
  • Distance Scaling
    • 0.5 → 1
SACRED WARRIOR
  • Base Duration
    • 0.8 → 1
  • Duration Scaling
    • 0.4 → 0.5
KRUL
DEAD MAN’S BARRIER
  • Barrier Scaling
    • 8.75% → 5%
HEALING SMITE
  • Base Healing
    • 130% → 100%
  • Healing Scaling
    • 7.5% → 5%
CURSED BLADE
  • Base Damage
    • 40% → 30%
LORELAI
CLAM UP
  • Base Duration
    • 0.45 → 0.6
WONDER WALL
  • Base Duration
    • 2.5 → 4
  • Duration Scaling
    • 1 → 2
  • Base Cooldown
    • 60% → 100%
PETAL
EXPLOSIVE FORCE
  • Base Damage
    • 90% → 100%
  • Damage Scaling
    • 7.5% → 15%
RINGO
LONG SHOT
  • Base Damage
    • 115% → 100%
SAW
ROAD RAGE
  • Base Damage
    • 100% → 115%
SILVERNAIL
TRI-WIRE
  • Base Damage
    • 100% → 80%
  • Damage Scaling
    • 15% → 10%
TAKA
TRIPLE X-RETSU
  • Base Damage
    • 80% → 100%
  • Damage Scaling
    • 10% → 15%
TONY
HAYMAKERS
  • Base Damage
    • 30% → 20%
VOX
SOUND BARRIER
  • Base Barrier
    • 10% → 5%
  • Barrier Scaling
    • 3% → 2.5%
YATES
RAPID RESPONSE
  • Base Cooldown
    • 60% → 80%



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pokemon Natures Guide

IMG Source :  https://www.zerochan.net/1117697 Hai! Meap here, Di dunia hingga generasi sekarang udah ada 700 lebih jenis pokemon, dan setiap jenis punya populasi masing masing. Layaknya manusia, setiap pokemon berbeda dari satu dengan yang lain. Layaknya manusia, pokemon punya hal yang disukai sama ga disukai. Ada yang suka manis, ada yang sukanya asem, ada yang sukanya pahit juga. Cara pokemon untuk hidup juga berbeda-beda pula. Kenapa mereka bisa begitu? Layaknya manusia, pokemon juga memiliki sifat masing-masing. Yup, kali ini yang akan kita bahas disini itu Natures atau sifat dari pokemon. Apa itu nature? Singkatnya nature adalah kategori untuk menentukan sifat pokemon. Di pokemon game, nature mempengaruhi beberapa hal dari suatu pokemon. Berikut hal-hal yang dipengaruhi oleh nature: Stats : Menambah 10% dari total suatu stats dan mengurangi 10% dari total suatu stats lain. Rasa kesukaan (Pokeblock, Poffin, dll), untuk keperluan pokemon contest. Hingga sekarang ad

Cara mengecek IV Pokemon (Emerald)

Heyyah! Meap here, Hari ini aku akan bahas bagaimana cara mengecek IV di Pokemon Emerald. Apa itu IV? Kalau belum tau disarankan kamu baca dulu artikel tentang IV . Oke, langsung aja. Pertama kamu harus punya akses ke Battle Frontier supaya bisa ketemu sama kakek-kakek IV Checker. Lokasi tepatnya ada di bangunan belakang Pokemon Center yang ada di Battle Frontier. Masuk ke dalam bangunannya lalu bicaralah pada kakek-kakek yang yang ada di kursi sebelah kiri. Dia akan menawarkan untuk mengecek bakat dan potensi Pokemonmu. Setelah itu dia akan mengukur seberapa besar IV total pokemonmu. Berikut adalah 4 kemungkinan penilaian oleh kakek-kakek tersebut : "This one, overall, I would describe as being of average ability." artinya, IV total dari Pokemonmu berjumlah sekitar 0 hingga 90. "This one, overall, I would describe as having better-than-average ability." artinya, IV total dari Pokemonmu berjumlah sekitar 91 hingga 120. "This one, overall, I wou

Battle Tower Glitch

Hi! Hi! Hi! Ay! Ay! Ay! Ay! Meap here, Selamat datang di guide Battle Tower Glitch. Disini aku akan jelasin apa sih itu Battle Tower Glitch, kegunaanya, dan cara ngelakuinnya. Okay, tanpa berlama-lama LET'S GO!!! Pertama, apa itu Battle Tower Glitch? Battle tower glitch adalah glitch (duh!) yang terjadi ketika kita mensoft reset di pertengahan save ketika akan ikut Link Multi Battle battle pada Battle Tower di Battle Frontier. Jika kita mensave data di dalam battle tower, ambil pokemon, mengikuti Link Multi Battle, lalu mereset GBA kita saat pertengahan save, maka pokemon yang kita ambil akan terduplikat karena data pada pokemon yang di PC pada save sebelumnya belum sempat tertimpa sedangkan save pada Party Team sudah tertimpa dengan save yang baru. Sehingga, pokemon yang kita ambil tadi ada di party dan di PC dengan data yang identik. Lalu apa manfaatnya? Manfaatnya salah satunya jelas kita bisa cloning pokemon semau kita. Kedua, kita bisa cloning item, salah satunya R