Langsung ke konten utama

Pokemon Natures Guide

IMG Source : https://www.zerochan.net/1117697

Hai!

Meap here,

Di dunia hingga generasi sekarang udah ada 700 lebih jenis pokemon, dan setiap jenis punya populasi masing masing. Layaknya manusia, setiap pokemon berbeda dari satu dengan yang lain. Layaknya manusia, pokemon punya hal yang disukai sama ga disukai. Ada yang suka manis, ada yang sukanya asem, ada yang sukanya pahit juga. Cara pokemon untuk hidup juga berbeda-beda pula. Kenapa mereka bisa begitu? Layaknya manusia, pokemon juga memiliki sifat masing-masing. Yup, kali ini yang akan kita bahas disini itu Natures atau sifat dari pokemon.

Apa itu nature? Singkatnya nature adalah kategori untuk menentukan sifat pokemon. Di pokemon game, nature mempengaruhi beberapa hal dari suatu pokemon. Berikut hal-hal yang dipengaruhi oleh nature:
  • Stats : Menambah 10% dari total suatu stats dan mengurangi 10% dari total suatu stats lain.
  • Rasa kesukaan (Pokeblock, Poffin, dll), untuk keperluan pokemon contest.
Hingga sekarang ada 25 nature atau sifat yang dimiliki oleh pokemon:

  1. Hardy
  2. Artinya pokemon ini ga mudah menyerah, dalam kondisi apapun tetep berjuang sekuat tenaga. Tapi sayangnya untuk pengaruh ke statsnya netral, soalnya nambah attack 10% tapi juga ngurangin attack 10%. Rasa yang disukai sama pokemon nature ini adalah ga ada. Netral semua.
  3. Lonely
  4. Pokemon ini penyendiri dan soliter, yaah mirip-mirip lone wolf. Pokemon dengan nature ini lebih bagus saat menyerang tapi kurang bagus saat bertahan. Perubahan pada statsnya adalah +10% buat attack dan -10% buat defense. Rasa yang disukai pokemon yang punya sifat yang satu ini adalah rasa pedas (spicy) dan pokemon ini juga ga suka masam (sour).
  5. Brave
  6. MAJU TERUS PANTANG MUNDUR!!! Yup, pokemon ini adalah pokemon dengan sifat pemberani. Langsung terjang tak kenal lari. Pengaruh pada stats adalaaah... yup, +10% untuk attack dan -10% untuk speed. Pokemon ini ga suka sama rasa manis (sweet) dan paling suka sama rasa pedas (spicy).
  7. Adamant
  8. Pokemon dengan nature yang satu ini populer di kalangan attacker. Jika suatu pokemon bersifat adamant atau keras kepala, maka stats attack dari pokemon tersebut akan bertambah sebesar 10% dan special attack pokemon itu juga akan berkurang sebesar 10%. Rasa kesukaan pokemon dengan sifat ini adalah rasa adalah rasa pedas (spicy), dan yang paling ga disukai oleh pokemon ini adalah rasa kering (dry).
  9. Naughty
  10. Pokemon dengan tingkat kenakalan yang tinggi. Pokemon dengan nature Naughty atau nakal akan menambahkan stat attack sebesar 10% dan menurunkan stat special defense sebesar 10%. Pokemon dengan nature ini suka dengan rasa pedas (spicy) dan paling ga suka dengan rasa pahit (bitter).
  11. Bold
  12. Pokemon dengan nature yang satu ini adalah pokemon dengan rasa percaya diri tinggi. Nature bold akan meningkatkan stat defense sebesar 10 % dan mengurangi stat attack sebesar 10%. Rasa yang paling disukai oleh pokemon dengan nature ini adalah rasa masam (sour) dan paling tidak suka dengan rasa pedas (spicy).
  13. Docile
  14. Menuruti segala hal yang diperintahkan dengan mudah adalah kemampuan dari pokemon dengan nature yang satu ini. Docile adalah salah satu nature yang netral karena menambah dan sekaligus mengurangi stat defense sebesar 10%. Tentu pokemon dengan nature ini tidak punya rasa favorit dan rasa kurang favorit.
  15. Relaxed
  16. Relaxed nature atau sifat santai adalah pokemon yang rileks dalam keadaan apapun. Dampaknya adalah pokemon dengan sifat ini akan memiliki stat defense yang lebih tinggi sebesar 10% dan memiliki speed yang lebih rendah 10%. Kesukaan dari pokemon dengan nature Relaxed adalah rasa masam (sour) dan kurang suka dengan rasa manis (sweet).
  17. Impish
  18. Jika kamu sering banget usil buat bersenang-senang, mungkin nature kamu adalah Impish. Yup, Pokemon dengan nature Impish akan punya tingkat keusilan tinggi. Dampaknya pada stats ialah menambah stat defense sebesar 10% dan mengurangi stat special attack sebesar 10%. Pokemon dengan nature ini cenderung suka yang masam-masam (sour) dan ga suka dengan rasa kering (dry).
  19. Lax
  20. Hampir sama dengan Relaxed, hanya saja ga sesantai nature Relaxed. Nature ini juga menambah stat defense sebesar 10% dan mengurangi stat special defense sebesear 10%. Pokemon dengan sifat ini suka dengan rasa masam (sour) dan paling ga suka rasa pahit (bitter).
  21. Timid
  22. Pokemon ini bisa dibilang adalah pokemon yang penakut. Karena penakut, pokemon ini ga suka kalo menyerang (-10% Attack) dan lebih suka lari (+10% speed). Kebalikan dari Brave, pokemon dengan nature ini lebih suka rasa manis (sweet) dan ga suka rasa pedas (spicy).
  23. Hasty
  24. Pokemon ini saat melakukan apa-apa dengan tergesa-gesa. Jadi speed dari pokemon dengan nature ini akan bertambah sebesar 10%, namun stat defense akan berkurang sebesar 10%. Pokemon ini paling suka rasa manis (sweet) dan ga terlalu suka sama rasa masam (sour).
  25. Serious
  26. Nature yang satu ini juga termasuk nature netral. Pokemon dengan sifat yang serius akan menambah speed 10% sekaligus menurunkannya 10%. Dan seperti nature netral lainnya, pokemon dengan nature ini ga punya favorit.
  27. Jolly
  28. Pokemon dengan nature Jolly adalah pokemon yang ceria setiap saat. Pokemon yang ceria akan menambah stat speed sebesar 10% dan mengurangi stat special attack sebesar 10%. Pokemon ini suka dengan rasa manis (sweet) dan kurang suka dengan rasa kering (dry). Nature ini sangat populer bagi trainer dengan strategi menyerang.
  29. Naive
  30. Sifat ini membuat pokemon bersifat polos atau naif. Pokemon dengan nature Naive akan bertambah stat speednya sebesar 10% dan berkurang stat special defensenya sebesar 10%. Pokemon dengan nature ini menyukai rasa manis (sweet) dan kurang suka dengan rasa pahit (bitter).
  31. Modest
  32. Adalah sifat rendah hati. Pokemon dengan sifat ini akan memiliki stat special attack yang lebih besar 10% dan memiliki stat attack yang lebih kecil 10%. Pokemon dengan nature Modest lebih suka dengan rasa kering (dry) dan kurang menyukai rasa pedas (spicy).
  33. Mild
  34. Hmmm, kalo dijelasin di bahasa indo susah buat ngartiinya. Untuk stats, pokemon dengan nature ini akan bertambah stat special attack sebesar 10% dan mengurangi defense sebesear 10%. Pokemon dengan nature mild suka dengan rasa kering (dry) dan kurang suka dengan rasa masam (sour).
  35. Quite
  36. Pokemon yang sifatnya pendiam. Pokemon yang pendiam akan mendapatkan tambahan special attack sebesar 10% dan mengurangi speed sebesar 10%. Pokemon dengan nature Quite suka dengan rasa kering (dry) dan kurang menyukai rasa manis (sweet).
  37. Bashful
  38. Pokemon dengan nature ini memiliki sifat pemalu. Sifat ini juga salah satu sifat netral yang menambah dan mengurangi stat yang sama, yaitu special attack sebesar 10%. Dan seperti nature netral lainnya, nature bashful juga tidak memiliki rasa favorit dan yang kurang disukai.
  39. Rash
  40. Pokemon dengan nature rash adalah pokemon yang ceroboh. Pokemon dengan nature ini memiliki stat special attack lebih tinggi 10% dan stat special defense lebih rendah 10%. Pokemon dengan nature ini suka rasa kering (dry) dan kurang suka rasa pahit (bitter).
  41. Calm
  42. Calm yang artinya tenang, adalah sifat yang membuat pokemon itu tenang. Karena pokemon nature Calm tenang, maka pokemon tersebut tidak suka menyerang dan lebih suka bertahan. Berarti special defense bertambah 10% dan attack berkurang 10%. Pokemon dengan nature Calm lebih suka rasa pahit (bitter) dan kurang suka rasa pedas (spicy).
  43. Gentle
  44. Pokemon dengan nature yang satu ini adalah pokemon yang ramah. Pokemon dengan sifat ramah akan bertambah stats special defensenya sebesar 10% dan berkurang sebesar 10% pada stat defensenya. Nature ini lebih suka rasa pahit (bitter) dan kurang menyukai rasa masam (sour).
  45. Sassy
  46. Sifat ini juga susah kalau diterjemahkan ke bahasa indonesia, jadi skip dulu. Untuk stats dari pokemon dengan nature ini yaitu menambah stat special defense 10% dan mengurangi speed sebesar 10%. Rasa pahit (bitter) adalah rasa yang paling disukai pokemon dengan nature ini, sedangkan rasa manis (sweet) kurang disukai.
  47. Careful
  48. Pokemon yang selalu berhati-hati adalah pokemon dengan tipe Careful. Pokemon dengan tipe careful akan bertambah stat special defensenya sebesear 10% dan berkurang stat special attacknya. Pokemon dengan tipe nature ini suka dengan rasa pahit (bitter) dan kurang suka dengan rasa kering (dry).
  49. Quirky
  50. Adalah pokemon yang memiliki sifat yang aneh. Nature quirky juga adalah salah satu nature pokemon netral yang artinya tidak mempengaruhi stat karena sifat ini menambah special defense dan menguranginya juga sebesar 10%. Karena nature Quirky netral jadi nature ini tidak memiliki rasa favorit.

Jika ingin melihat tabel seluruh nature beserta stat dan kesukaanya bisa klik disini.

Oke...
Setelah bahas panjang lebar setiap nature yang ada di game, waktunya demonstrasi. Kali ini pokemon yang kupake untuk demonstrasi adalah Staryu. Dua Staryu yang kupakai punya IV yang sama dan EV pada setiap stat sebesar 0. Yang membedakan hanyalah naturenya. Yang sebelah kiri adalah nature netral yaitu Hardy dan sebelah kanan adalah nature Modest.

Hardy Nature
Modest Nature
Hardy Nature
Modest Nature
Seperti yang kita bahas tadi di atas, nature hardy adalah nature netral sehingga stat staryu tidak bertambah total attack dan defensenya. Sedangkan untuk nature modest akan menambah special attack Staryu sebesar 10% dan menurunkan attacknya sebesar 10%. Selanjutnya, kedua staryu ini aku kasih Rare Candy hingga level 100. Efek dari nature akan sangat terlihat kalo kedua Staryu-nya sudah level 100. Hasilnya bisa dilihat dibawah.


Hardy Nature
Modest Nature

Bisa dilihat perbedaannya di stat ATTACK dan SP. ATK, untuk nature Hardy adalah nature netral maka tidak akan mempengaruhi stat. Sedangkan untuk Nature modest mengurangi ATTACK dan menambah SP.ATK sehingga ATTACKnya lebih rendah dan SP.ATK-nya lebih tinggi dari Staryu Hardy.

Sekian yang bisa dibahas pada artikel kali ini, jika ada pertanyaan bisa ditanyakan di kolom komentar. Kalau kamu suka dengan guide ini, jagan lupa dishare ya~

Thank you,

Peace out 'w')/

Sumber:
https://bulbapedia.bulbagarden.net/wiki/Nature

Komentar

  1. Saya main pokemon fire red, setelah menyelesaikan 7 bebatuan di sevi island untuk quest trio kucing, raikou, entei, suicune. Karena starter saya charmander pasti dapatnya suicune. Yg jadi pertanyaan saya beberapakali bertemu suicune naturenya selalu bold. Saya reset gamenya memulai dari menyusun bebatuan dan bertemu suicune kembali tetap bold, barangkali tahu caranya agar bisa berubah naturenya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya nature Pokemon pertama dalam party mempengaruhi nature random encounter. Saya biasanya nangkep 25 Pokemon dengan nature yang berbeda lalu Saya atur no 1 dalam party buat nge set nature random encounter jadi biar pas.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Emerald Breeding Guide

Haaaarorororororororo! Meap here, Hari ini aku mau berbagi info mengenai metode supaya mendapat Pokemon dengan keunggulan Stats yang diinginkan, yaitu dengan cara Breeding. Breeding memungkinkan kita untuk dapat Nature, Ability, dan IV yang kita inginkan karena banyak mekanik breeding yang bisa kita eksploitasi. Langsung saja aku demonstrasikan caranya. Hal-hal yang dibutuhkan : Everstone, bisa didapat di Granite Cave (dekat Dewford Town). Fungsinya adalah meningkatkan kemungkinan pokemon yang memegang everstone untuk menurunkan Nature-nya ke pokemon anak hingga 50%. Akses ke battle Frontier, untuk mengecek IV. Akses ke Pokemon Day-Care, untuk breeding. Ditto dengan IV sempurna di stat yang diinginkan, jumlah tergantung stat apa saja yang ingin sempurna (Max 3). Jika kamu butuh perfect HP, Attack, dan Speed, maka kamu perlu 3 Ditto. 1 Ditto perfect HP, 1 Ditto perfect Attack, dan 1 Ditto perfect Speed. Ditto dengan Nature yang diinginkan. Untuk tutorial cara menangkap D

Cara mengecek IV Pokemon (Emerald)

Heyyah! Meap here, Hari ini aku akan bahas bagaimana cara mengecek IV di Pokemon Emerald. Apa itu IV? Kalau belum tau disarankan kamu baca dulu artikel tentang IV . Oke, langsung aja. Pertama kamu harus punya akses ke Battle Frontier supaya bisa ketemu sama kakek-kakek IV Checker. Lokasi tepatnya ada di bangunan belakang Pokemon Center yang ada di Battle Frontier. Masuk ke dalam bangunannya lalu bicaralah pada kakek-kakek yang yang ada di kursi sebelah kiri. Dia akan menawarkan untuk mengecek bakat dan potensi Pokemonmu. Setelah itu dia akan mengukur seberapa besar IV total pokemonmu. Berikut adalah 4 kemungkinan penilaian oleh kakek-kakek tersebut : "This one, overall, I would describe as being of average ability." artinya, IV total dari Pokemonmu berjumlah sekitar 0 hingga 90. "This one, overall, I would describe as having better-than-average ability." artinya, IV total dari Pokemonmu berjumlah sekitar 91 hingga 120. "This one, overall, I wou